Monday, August 8, 2016

Unggul dari para Rivalnya Marquez tak mau Over Pede


Jakarta - Paruh pertama musim 2016 berjalan mulus bagi Marc Marquez. Tapi memiliki keunggulan besar dari rival-rivalnya tidak membuat Marquez lantas kepedean.

Pebalap Repsol Honda itu dengan nyaman memuncaki klasemen sementara dengan perolehan 170 poin, unggul jauh dari duo Movistar Yamaha Jorge Lorenzo [122] dan Valentino Rossi [111]. 

Dari sembilan balapan yang sudah berjalan, Marquez menjadi pebalap yang paling konsisten di dalam kejuaraan. Juara dunia MotoGP dua kali itu sukses merebut tiga kemenangan hanya sekali gagal naik podium saat finis di urutan 13 pada balapan di Jerez, Spanyol.

Hal itu yang menjadi pembeda terbesar di antara Marquez dan Lorenzo-Rossi. Lorenzo juga mengantongi tiga kemenangan, namun sudah dua kali retired plus jeblok di balapan basah pada dua seri terakhir; Belanda dan Jerman.

Sementara itu Rossi baru dua kali memenangi balapan tapi sudah tiga kali retired. Pada seri terakhir, Rossi hanya mampu finis kedelapan, posisi terendahnya di musim ini.

Dengan situasi demikian, tidak salah apabila Marquez diprediksi akan menjuarai musim ini. Akan tetapi, Marquez memilih untuk tetap mewaspadai rival-rivalnya.

"Mungkin di paruh pertama kejuaraan aku bukanlah pebalap tercepat di lintasan, tapi aku yang paling konsisten, sangat berbeda dengan musim lalu," ucap Marquez di Autosport. "Jadi aku sangat gembira. Tapi kami tidak boleh melupakan bahwa paruh kedua musim akan berat."

"Ketika Anda memimpin dengan jarak seperti ini, Anda memang percaya diri, tapi Anda mesti hati-hati untuk tidak terlalu percaya diri. Di 2014, aku pernah memimpin dengan jarak yang besar, lebih daripada yang sekarang tapi aku kemudian jatuh dua kali beruntun -- Misano dan Aragon -- sehingga kehilangan 50 poin."

"Jadi kami harus berhati-hati karena sekarang kita masih berada di tengah-tengah musim. Apa yang terjadi sejauh ini bisa saja berjalan sebaliknya. Akan ada lagi balapan-balapan basah dan kami mesti menangani balapan-balapan itu dengan baik," demikian dia.

Paruh kedua musim 2016 akan bergulir akhir pekan ini juga di Austria.{dtk}

No comments:

Post a Comment